PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK DAN PERKEMBANGAN ANAK DI SMA NEGERI 4 KUPANG

Authors

  • Leonard Lobo Universitas Nusa Cendana

Keywords:

program sekolah ramah anak, perkembangan sekolah ramah anak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan program sekolah ramah anak yang perlu diterapkan di SMA Negeri 4 Kota Kupang dan Mendeskripsikan tahap perkembangan penerapan program sekolah ramah anak di SMA Negeri 4 Kota Kupang.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 04 Kota Kupang.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) perlunya diterapkan penerapan program sekolah ramah anak di SMAN 04 Kota Kupang yaitu untuk membantu meingkatkan kualitas pendidikan dsekolah karena dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk belajara dan berkembang secara optimal. Dalam penerapan program sekolah ramah anak di SMAN 04 Kota Kupang terdapat berbagai strategi yang dapat dilakukan seperti penyusunan kebijakan,peltihan bagi guru dan staf sekolah serta pembentukan komite sekolah ramah anak. Oleh karena itu,diharapkan agar pihak sekolah dapat segera melakukan penerapan program sekolah ramah anak sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan dan perkembangan anak. 2) tahap perkembangan dari penerapan program sekolah ramah anak sebagai upaya pemenuhan hak dan perkembangan anak di SMAN 04 Kota Kupang adalah SMAN 04 Kota Kupang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak terlihat dari adanya program pembinaan karakter siswa,kegiatan ekstrakulikuler yang menunjang psikologis dan sosial siswa serta aturan dan tata tertib untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa walaupun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sarana dan sarana, keterbatasan tenaga pendidik yang terampil untuk mengelola dan menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. Namun sekolah telah merancanakan langkah strategis dalam mengatasi kendala tersebut dengan evaluasi-evaluasi yang dilaksanakan.

References

Bria, m., & bani, m. (2022). Pengaruh tingkat kedisiplinan mengikuti pembelajaran ppkn terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp angkasa kupang kecamatan maulafa kota kupang. Jurnal gatranusantara, 20(2), 31-40.

Jahidin, u. H., & torro, s. (2020). Peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di smp negeri di kota makassar. Jurnal sosialisasi, 7(1), 73-80.)

Indraswati, d., widodo, a., rahmatih, a. N., maulyda, m. A., & erfan, m. (2020). Implementasi sekolah ramah anak dan keluarga di sdn 2 hegarsari, sdn kaligintung, dan sdn 1 sangkawana. Jkkp (jurnal kesejahteraan keluarga dan pendidikan), 7(01), 51-62.).

Syahroni, s. (2021). Disiplin positif sebagai sarana pembinaan karakter menuju sekolah ramah anak di sma negeri 5 bengkulu tengah. Jurnal aghniya, 4(1), 24-31.)

Lisa rahmawati, l. R. (2021). Implementasi program sekolah ramah anak sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan siswa di sekolah menengah atas negeri (sman) 2 banjarbaru.

Yosada, k. R., & kurniati, a. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal pendidikan dasar perkhasa: jurnal penelitian pendidikan dasar, 5(2), 145-154.

Dewi, n. S., & syukur, m. (2022). Implementasi dan kontribusi komite sekolah terhadap program sekolah ramah anak di sma negeri 11 pangkep. Pinisi journal of sociology education review, 1(2), 83-96.

Ratna, r., & torro, s. (2019). Impementasi sekolah ramah anak di sman 3 makassar. Jurnal sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan, 111-116.)

Egar, n., musarokah, s., yulianti, f., & lestari, m. Y. W. (2021, december). Pemberdayaan kepala sekolah dalam pengembangan sekolah ramah anak berbasis konvensi hak anak di kecamatan bandar kabupaten batang. In seminar nasional hasil penelitian dan pengabdian kepada

masyarakat (vol. 2, no. 2, pp. 379-390).

Hidayati, l. N. (2018). Kultur sekolah ramah anak di sma negeri 1 slogohimo kabupaten wonogiri. Spektrum analisis kebijakan pendidikan, 7(5), 576-584.)

Kurniyawan, m. D., sultoni, s., & sunandar, a. (2020). Manajemen sekolah ramah anak. Jamp: jurnal administrasi dan manajemen pendidikan, 3(2), 192-198.

Sugiono. 2008. Metode penelitian pendidikan. Pendekatan kualitatif kuantitatif dan r&d. Bandung. Alfabeta.

Sugiono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: cv. Alfabeta

Zam, f. (2021). Implementasi kebijakan pengembangan kabupaten/kota layak anak (kla) di kota pekanbaru (studi program sekolah ramah anak (sra) di kota pekanbaru) (doctoral dissertation, universitas islam riau)

Maryadi,, dkk. 2011. Pedoman penulisan skripsi fkip. Surakarta: bp-fkip universitas muhamadiyah surakarta.

Ananda, f. D. (2020). Efektivitas pelaksanaan program pemerintah kota pekanbaru mengenai pemenuhan hak anak di kota pekanbaru (doctoral dissertation, universitas islam riau).

Dtka (2015). Panduan sekolah ramah anak di indonesia .juknis:sekolah ramah anak 26-36

Heniati (2019). Pengertian sekolah ramah anak (doctoral dissertation,universitas negeri makssar)

Putri, y., & rahaju, t. (2020). Implementasikebijakan sekolah ramah anak di sma negeri 3 kota kediri. Publika, 8(1).

Putri, a., & akmal, a. (2019). Sekolah ramah anak: tantangan dan implikasinya terhadap pemenuhan hak anak. Journal of civic education, 2(3), 228-235.

Downloads

Published

2023-10-02