UPAYA GURU PPKn DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP MUHAMMADIYAH ENDE

Authors

  • Fredrik Kollo Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Pendidikan, Multikultural, Guru PPKn.

Abstract

Rumusan  masalah dalam  penelitian ini adalah Bagaimana pandangan guru PPKn tentang adanya perbedaan agama, suku, dan perbedaan status sosial ekonomi di SMP Muhammadiyah Ende ?, Bagaimana program kegiatan guru PPKn dalam usaha menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Ende?, Apakah ada indikasi perlakuan diskriminasi (bully) di lakukan guru maupun siswa terhadap kelompok minoritas di SMP Muhammadiyah Ende?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pandangan guru PPKn tentang adanya perbedaan agama, suku, dan perbedaan status sosial ekonomi di SMP Muhammadiyah Ende, Untuk mengetahui bagaimana program kegiatan guru PPKn dalam usaha menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Ende, Untuk mengetahui Apakah ada indikasi perlakuan diskriminasi (bully) di lakukan guru maupun siswa terhadap kelompok minoritas di SMP Muhammadiyah Ende.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sementara teknik penjamin keabsahan data menggunakan trigulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Upaya guru PPKn dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMP Muhammadiyah Ende dapat dilihat dari pandangan guru-guru tentang adanya perbedaan multikultural, Program kegiatan guru PPKn dalam usaha menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan Di SMP Muhammadiyah Ende, yaitu: 1). Memberikan teladan sebelum jam pelajaran, kegiaan yang dilakukan guru PPKn yaitu: a). beriman dan berakwa b). berakhlak mulia c). saling toleransi. Dan program kegiatan . 2). Pada saat proses pembelajaran langkah-langkanya yaiu: a). guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dari suku, agama, dan status sosial ekonomi yang berbeda, b). guru memberi pemahaman kepada siswa tentang perbedaan kemanfaatan toleransi, sehingga dari program yang ada diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Ende tentang keberagaman serta berbagai kultur yang ada dikalangan kehidupan dan lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah Ende.

 

References

Ahmad Muthohar (2017). Implementasi Pendidikan Multicultural Pada Sekolah Islam Di Kota Wali (studi kasus di Madrasah Aliyah Negri Demak). Skripsi Pendidikan Multikultural Semarang Universitas Negeri Semarang

Askhaul Kirom (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berasis Multikultural. Al-Murabi Vol.03, No. 01

Aly Abdullah, (2011) Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren Yogyakarta: Pustaka Pelajar Hal. 104-215.

Abrar Abdul Rachman, (2002) Psikologi Pendidikan Yogyakarta

Abdurrahmat Fathoni, (2006) Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusun Skripsi Jakarta: Rineka Cipta

Anita Sari (2020). Penanaman nilai-nilai multikultural melalui pendidikan Agama Islam Di SMP Negri 22 Bengkulu Selatan. Skripsi Pendidikan Multikultural Bengkulu Universitas Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Agus Munadir (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multicultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol.2 No.2 Hal. 124-128

Anif Istianah dkk (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sebagai Mata Kuliah Pembentuk Karakter Mahasiswa. Jurnal of Social Studiens Vol.2 No.1 Juni 2021

Arifin, Zainal (2012) Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru Bandung: Remaja Rosda Karya.

Buniyani (2016) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan nlai-nilai pendidikan multicultural di Sekolah Menengah Atas Negri 2 Palopo. Skripsi Pendidikan Multikultural Palopo Universitas Agama Islam IAIN Negeri Palopo.

Budimansyah Dasim (2010) Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Cholisin (2000) Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran PKn Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Danie Anggreani Dewi dkk (2021) Peran pendidikan kewarganegaraan dalam pendidikan multicultural. Jurnal Pendidikan Tambuasai Vol.5 No.1 Hal.904-910

Dadang Mulyana dkk (2021). Imlemenasi Pendidikan Multikultural Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewaranegaraan Dalam Mencegah Berkembannya Paham Radikalisme Kalangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol.4 No.1 Hal.34-40

Eka Prasetiawati (2017). Urgensi pendidikan multicultural untuk menumbuhkan nilai toleransi agama di Indonesia. Jurnal IAIN Metro (Institut Agama Islam Negri) Vol.01 No.02 Hal.273-301

Gulo W, (2002) Metodologi Penelitian Jakarta: PT Gramedia Widiarsa Indonesia

https:// berita.Upi. Edu/guru-dan-pendidikan-multikultural-di-lingkungan-seklah/

Ibrahin rustam, (2013) Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip dan relavasinya dengan tujuan pendidikan islam . ADDIN Vol.7 No.1 Februari 2013 Hal. 125-146

Moh. Fajri (2021). implementasi pendidikan multicultural pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Impres PA’BANGIANG Kabupaen Gowa. Skripsi Pendidikan Multikultiral Makassar Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mahfud, Choirul. (2011) Pendidikan Multikultural Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2011 Hal. 175-177.

Meleong, Lexy J. (2018) Metode Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moh. Fadhil Al-Djamali dkk (2012) Ilmu Pendidikan Islam (Melejikan Potensi Budaya Umum). Jakarta: Hijri Pustaka Utama

Muhammad Ihwan Harahap (2017). Peran guru PAI dalam menerapkan Pendidikan Multikultural di SMK Karya Bunda Medan Estate. Skripsi Pendidikan Multikultural Medan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Muhammad H. (1994) Fiqh Perempuan Refleksi Kyair Atas Wacana Dan Gender Jakarta: The Wahid Institusi

Downloads

Published

2023-10-01