PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI OLEH GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 FATULEU

Authors

  • Dorkas Langgar Universitas Nusa Cendana
  • Hiwa Wonda Universitas Nusa Cendana
  • Leonard Lobo Universitas Nusa Cendana
  • Soleman Uf Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri,, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri oleh guru PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Fatuleu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Fatuleu.

Penelitian ini menggunakan metode peneletian kualitatif dengan memperoleh sumber data primer maupun sekunder. Peneliti menggunakan teknik observasi, tes tulis, wawancara dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini: Guru PPKn dan siswa-siswi kelas VIII D SMP N 1 Fatuleu sebanyak 31 orang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri sangat baik dalam pembelejaran PPKn karena guru mata pelajaran dapat menggunakan semua langkah-langkah model pembelajaran inkuiri dimulai dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan dengan baik sehingga membuat siswa lebih aktif dan dapat berpikir kritis dalam memahami sebuah masalah dan mencari materi sendiri tentang apa yang akan dipelajari dan materi tersebut akan diingat secara otomatis sehinngga hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn menjadi meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang awalnya nilai rata-rata siswa hanya mencapai 68,29 dan meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri menjadi 83,7.

 

References

Abdurrahman. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berskesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ali, Muhammad. 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Anonim. UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bndung: Alfabeta.

Cahaya, Meta. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Siswa di Kelas VII C SMP Negeri 7

Muaro Jambi. https://repository.unja.ac.id/

Darmadi, 2019. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Djuanda 2009. Model Pembelajaran di Sekolah dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press

H, Jugiyanto (2009). Filosofi, Pendekatan dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus: untuk dosen dan mahasiswa. Yogyakarta: Andi.

Isrok‘‘atun dan Rosmala, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

Joko Setiawan & Muhamad Royani (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri. EDU-MAT: Jurnal pendidikan matematika

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi).

Bandung: Refika Aditama.

Kosasih, Nandang & Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Moleong, Lexi J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sabir, 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Mata Pelajaran Ppkn Kelas X Sma Negeri 11 Kota Jambi. https://repository.unja.ac.id/

Sartika, 2020. Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Smp Negeri 2 Bua Kabupaten Luwu. https://repository.uncp.ac.id/

Slameto, S. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Siswanto, 2022. Efektivitas Metode Inkuiri dalam Pembelajaran PPKN untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Kasus Pelanggaran Hak

Asasi Manusia. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2022 - ojs.unublitar.ac.id

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PPKn. Bandung: Remaja Rosda Karya dan PPS UPI.

Subrata. 2010. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarliana, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata

Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). https://journal.ubpkarawang.ac.id/

Susanti. 2014 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Sains Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Ngawen: Yogkarta

Tim Pengembang, 2011. Kurikulum dan Pembelaaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tryanto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Zakiah, 2009. Konsep Kepribadian Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Downloads

Published

2023-10-01