PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA KARAKTER DISIPLIN ANAK DI DESA SINAR HADING KECAMATAN LEWOLEMA KABUPATEN FLORES TIMUR

Authors

  • Leonard Lobo
  • Maria Handung Aran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskrpsikan bagaimana peran orang tua dalam membina karakter disiplin anak di Desa Sinar Hading Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur, untuk Mendeskripsikan apa faktor penghambat orang tua dalam membina karakter disiplin anak di Desa Sinar Hading Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan
baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh darilapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunkan teknik observasi,wawancara, dan
dokumentsi. Informan dalam penelitian ini adalah Orang tua dan Anak tidak disiplin.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai beikut: 1) Peran orang tua dalam membina karakter disiplin anak, orang tua sudah berperan dengan baik sebagaimana yang di jelaskan dari
pendapat orang tua, pertama menurut bapak Anton bahwa ia mengajarkan karakter disiplin pada anaknya dengan cara memberikan ia tugas setiap sore kasih makan hewan peliharan. pendapat kedua
dari ibu Helena ia mengajarkan karakter disiplin pada anaknya dengan cara makan tepat waktu dan jika hendak ke sekolah ataupun keluar rumah harus berpamitan. pendapat ketiga dari ibu Sipriana ia
mengajarkan karakter disiplin kepada anaknya dengan cara setiap pulang sekolah tia di beri tugas menjaga kios. dan tugas menjaga kios ini pun sudah di aturkan waktu kapan ia mulai
melaksanakannya dan waktu kapan ia berhenti menjaga. pendapat keempat dari ibu Petronela ia akan berusaha untuk memberikan tugas kepada anaknya yaitu dengan mencuci pakian sendiri. pendapat
kelima dari ibu Theresia ia mengajrkan atau membiasakan anaknya untuk bangun pagi jam 05.30 2) Faktor penghambat orang tua dalam membina karakter disiplin anak yaitu ada duafaktor yakni faktor
biologis dan faktor lingkungan.

References

Agustin, N. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa. Peran Guru Dalam

Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah

Dasar), 1.

Ahmadin, A., & Sabia, S. (2021). Internalisasi Peran Guru PPKn Dalam Membentuk

Karakter Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi

Kabupaten Banggai Kepulauan). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3),

-1358.

Alniawati, F., Iru, L., & Hijrah, W. O. (2019). Peran Guru PPKn Dalam Membina

Karakter Siswa SMP Negeri 1 Lasalepa Desa Bonea, Kecamatan Lasalepa

Kabupaten Muna. Jurnal Selami IPS, 1(12), 500- 506.

Aqib, Z. (2015). Model Model , Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif).

Bandung: Yrama Widya.

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA

: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter

peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Asmani, Jamal.2012.Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di sekolah.

Jogjakarta:DIVA Press

Downloads

Published

2024-04-01