KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

Authors

  • Marsi Bani Staf Pengajar pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Undana

Keywords:

Jigsaw, Prestasi Belajar, Fisika

Abstract

Pembelajaran yang diciptakan guru harus memperlihatkan adanya interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa yang lainnya, dan siswa dengan berbagai sumber belajar sehingga pembelajaran yang berkualitas dapat dicapai. Pembelajaran yang efektif dan inovatif sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa tidak hanya diberikan materi dengan ceramah, namun diberi kesempatan untuk mengkonstruksi konsep-konsep materi yang diajarkan. Untuk itu, guru sebagai perancang pembelajaran bertugas membantu siswa dengan merancang pembelajaran yang kondusif sehingga tercipta pembelajaran yang efektif bagi siswa, untuk menjawab permasalahan ini dilakukan pengkajian model pembelajaran jigsaw terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka/ studi literature. Dari hasil pengkajian didapatkan hasil Model pembelajaran jigsaw terdiri atas langkah-langkah pembentukan kelompok asal, pembelajaran pada kelompok asal, pembentukan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, diskusi kelas, pemberian kuis dan pemberian reward, Penerapan model pembelajara jigsaw sesuai dengan langkah-langkah pembelajarannya dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Arifin, Zainal. 1988. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Beel-gredller, M. E. 1986. Learning and instruction. New York: Macmillan Publishing

Djamarah. Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.

Isjoni, H. 2009.Pembelajaran Kooperatif. Pekanbaru: Pustaka Belajar. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Khoirudin, A. 2014. Penerapan metode kooperatif jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan mengenal sistem pemerintahan pusat di MI AL-MUJAHIDIN Kota Tangerang.Universitas Islam Negeri S. Hidayatullah Jakarta.

Lie, A. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikan kooperative Learning di Ruang-Ruang kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta : Academia permata.

Yulaikah, M. Penerapan JIGSAW Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Vol. 6. 2012.

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles