IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 AMARASI TIMUR

Authors

  • Antonia Tahu Staf Pengajar pada Program Studi Biologi FKIP Undana
  • Sri Sumiyati Staf Pengajar pada Program Studi Biologi FKIP Undana
  • Thomas Lion Staf Pengajar pada Program Studi Biologi FKIP Undana

Keywords:

model pembelajaran Numbered Head Together, aktifitas dan hasil belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan mengetahui hasil belajar siswa kelas XI setelah menggunakan model pembelajaran NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 dan 16 januari 2021 di SMA Negeri 1 Amarasi Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas melalui beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.  Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan melalui tes tertulis hasil belajar biologi. Dari hasil analisis data pada siklus I , rata-rata kelas pada uji aktivitas peserta didik mencapai 3,91 dengan presentase 78.31% dan pada siklus II rata-rata mencapai 4,3 dengan presentase 85.625%. Pada uji keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran rata-rata mencapai 3,41 dengan presentase 85.28% dan pada siklus II rata-rata 3,79 dengan presentase 94.75%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 74,55 dengan presentase 65% dan pada siklus II rata-rata meningkat hingga 85,05 dengan presentase 90%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berhasil meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik.

 

References

Arikunto. Suharsimi, Suhardjono, Suparadi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta PT. Bumi Aksara

Deutelina S. Lagur, Alberta P. Makur, dan Apolonia H. Ramda. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Skripsi . Ruteng : Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Santu Paulus

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya

Rochmayatun. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe NHTberbasis Media Tebak Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI materi Sistem Ekskresi Di MAN Kendal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Semarang : Fakultas Sains Dan Teknologi

Warsono, dan haryanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Winkel,W. S. 1996, Psikolog Pengajaran, Jakarta; Grasindo

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles