MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMAN 7 KUPANG

Authors

  • Paulus Taek Staf Pengajar pada Program Studi Biologi FKIP Undana

Keywords:

Motivasi, Prestasi Belajar, Group Investigasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terkhususnya pada pelajaran sejarah dengan menerapkan model pembelajaran group investigation. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang pada tahun ajaran 2019/2020. Pelakasanaan tindakan dilakukan selama dua siklus dengan hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran dengan metode Group Investigation secara teori dan praktiknya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar siswa mesikpun ada kekurangnya jika tidak terdapat sumber buku atau internet metode Group Investigation tidak akan berjalan baik. Penggunaan metode Group Investigation dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar Biologi. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian tindakan kelas dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode Group Investigation dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Biologi bagi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

References

Aksara. Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

AM, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S .2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arifin, Zaenal .2014, Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

E. Slavin, Robert. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung : Nusa Media

Eko Putro Widoyoko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Jogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kemendikbud, 2014, Biologi, edisi revisi 1 Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemendikbud, 2014, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kiranawati, 2011, Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation). http://gurupkn.wordpress .com/2011/10/11/ metode-investigasi-kelompok-group-investigation/.

Riyanto, Yatim, 2009. Paradigma Baru dalam Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif. Edisi 1. Jakarta: Persada Media Group.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bu

Downloads

Published

2021-08-07

Issue

Section

Articles