PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHAMAHASISWA PADA MASA PANDEMI MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Soleman Uf

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar mahamahasiswa jurusan Admintrasi Bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Mata kuliah komunikasi bisnis kehidupan dengan penerapan metode problem based learning (PBL) pada mahamahasiswa jurusan Admintrasi Bisnis. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahamahasiswa jurusan Admintrasi Bisnis yang berjumlah 32 mahasiswa. Objek penelitian adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata kuliah komunikasi bisnis. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, kuesioner dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode problem based learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar dari 8 mahasiswa atau 25 % pada kondisi awal menjadi 22 mahasiswa atau 68,75 % pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 100 % atau semua mahasiswa dinyatakan termotivasi belajarnya pada pelaksanaan proses pembelajaran. Kenyataan diatas didukung puala oleh peningkatan hasil belajar mahasiswa dimana nilai rata-rata kelas terus megalami peningkatan dari 58,81 pada kondisi awal menjadi 64,91 pada siklus I dan pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 77,41 dengan ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya yaitu 9 mahasiswa atau 28,13 % pada kondisi awal menjadi 20 mahasiswa atau 62,5 pada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 29 mahasiswa atau 90,63 %.

References

Esti, Sri.1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo

Jihad, 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Muhibbin Syah. 2007. Psikologi Belajar. Jakarata: PT. Raja Grafindo

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2005, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya

Nashar, 2004, Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004

Nasution. 1982, Teknologi Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara

Priyitno, Elida, 1989, Motivasi Dalam Belajar, Jakarta: P2LPTK

Riduwan, 2013, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2006, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman, A,M, 1990, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali

Sardiman, 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers

Suyatno, 2009, Menjelajah Pembelajaran Inofatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka

Tala, S. & Vesterinen, T.M, 2015, Nature of science contextualized : Studying nature of science with scientists. Journal Science and Education

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka

Waldrip, B., Prain, V. & Carolan, J, 2010, Using multi-modal representations to improve learning in junior secondary science. Research in Science Education

Wijayanto, M, 2009, Tesis: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar

Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten

Wonogiri Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: UNS

Zaenal Arifin, 1999, Evaluasi Instruksional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-08-08

Issue

Section

Articles