PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING OLEH GURU PPKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN I FLORES TIMUR

Authors

  • Petrus Ly Staf Pengajar pada Program Studi PPKN FKIP Undana

Keywords:

Discovery Learning, hasil belajar, PPKn

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning
oleh guru PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana cara guru PPKn menerapkan model pembelajaran discovery learning
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang artinya hasil
penelitian bertujuan memberikan gambaran yang jelas, Mengenai fenomena atau kenyataan sosial
yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran discovery learning oleh guru PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal
ini dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada saat observasi awal pada saat
guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional hasil belajar siswa belum begitu
memuaskan karena masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada observasi
yang kedua hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah guru
menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran discovery learning guru mengikuti
sintaks atau langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dengan baik, sehingga siswa
antusias mengikuti pelajaran. Model pembelajaran discovery learning membuat peserta didik untuk
menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Model pembelajaran Discovery
Learning dapat dijadikan sebagai suatu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PPKn,
karena model ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh tahapan untuk melatih
kemampuan siswa baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Guru dalam menerapkan
model pembelajaran discovery learning sesuai dengan sintaksnya sehingga proses pembelajaran di
dalam kelas berjalan dengan baik dimana siswa aktif mengikuti pelajaran, sehingga penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes
yang diberikan oleh guru. Dengan model pembelajaran discovery learning pembelajaran PPKn di
kelas lebih menyenangkan.

References

Achmad, Sugandi. 2000. Teori Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta.

Agus, Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Arikunto, Suharmi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

A.M. Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada

Cholisin. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: FIS UNY.

Depdiknas. 2006. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.

Yogyakarta: Pustaka Belajar

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Dimiyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, Ismail. 2013. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango,Jurnal.UniversitasNegeri Gorontalo.

Gagne, Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemahMunandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud, Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1995. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Jakaratta: Sinar Baru.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Jealani. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa KelasIV SDN Waru 05 Kecamatan Parung. Jurnal ilmiah. 11-12.

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles