EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI PADA JENJANG PENDIDIKAN SMA DI KOTA KUPANG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • ASNAT CORNELIA BANI BILI

Keywords:

Pembelajaran Daring, , Pandemi Covid-19

Abstract

ABSTRAK

Di awal tahun 2020 lalu dunia dikejutkan dengan adanya pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang menyebar hampir semua negara di termasuk Indonesia. Hal tersebut membuat beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia. istem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif, dengan sumber data utamanya ialah 30 guru mata pelajaran Ekonomi pada Jenjang SMA dan 30 Siswa SMA Negeri se Kota Kupang. Teknik Pengumpulan data yang dipakai adalah Angket. eknik Analisa data yang dipakai dimulai dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga analisis datanya dilakukan dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring guru dan siswa mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi guru Ekonomi adalah kurangnya pemahaman dan penguasaan teknologi untuk melaksanakan pembelajaran online sedangkan kesulitan yang dihadapi siswa adalah Kurangnya pemahaman materi akuntansi dalam mata pelajaran ekonom. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan agar adanya Pelatihan Penggunana Zoom Cloud Meeting dan Google Classroom bagi guru-guru dan perlunya pendampingan siswa walaupun pembelajaran di lakukan secara online.

References

Alimuddin.Tawany Rahamma, dan M. Nadjib.2015. Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di Universitas Hasanuddin. (http://95461-ID-intensitas-penggunaan-e-learning-dalam-m, diakses 10 Februari 2020).

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Eko Kuntarto (2017). Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi” Journal Indonesian Language Education and Literature / ILE&E/Vol.3 No. 1

Hadis, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan eknologi Informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8 (1), 117-140. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/396/380

Kartika, A. R. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.

Muh Fitrah,L. (2017). Metodologi Penelitian ; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jejak Publisher

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Tersedia pada laman web: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%20Digital.pdf: https://www.google.com/. Diakses Psds 20 Maret 2019.

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information Technology, 01, 154.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial HumanioraTerapan, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Seno, & Zainal, A. E. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 02, 183.

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles