PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES Vs MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Authors

  • Antonius Hali
  • Marsi Bani Staf Pengajar pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Undana
  • Hiwa Wonda Staf Pengajar pada Program Studi PGSD FKIP Undana
  • Soleman Bully Staf Pengajar pada Program Studi PPKN FKIP Undana

Keywords:

Discovery Learning, , Pemahaman Konsep, Fisika.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Kristen Citra Bangsa Kupang dengan sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen (kelas VII B) atau siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding procedures dan kelas kontrol (kelas VII D) model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil analisis data penelitian menggunakan uji t. Uji hipotesis pertama menggunakan uji dua pihak, sedangkan uji hipotesis kedua menggunakan uji t satu pihak yaitu uji pihak kanan. Uji hipotesis pertama diperoleh t hitung = 4,951 dan t tabel = 2,04 dengan taraf signifikan (α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 36. Oleh karena maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding procedures, dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Sedangkan uji hipotesis kedua diperoleh t hitung = 4,951 dan t tabel = 2,04 dengan taraf signifikan ( α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 36. Oleh karena maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima. Hal ini berarti pemahaman konsep fisika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding procedures lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

References

Abriani, A. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Pelaksanaan Guided Inquiry Siswa Kelas X8 Sman 1 Polombangkeng Utara (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Darmayanti. 2017. Evektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SmaMuhhamadiyah Enrekang Jurusan Pendidikan Fisika pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Gummah, S., Soraya, L.H., Ahzan, S., dan Hardariyanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknikconceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. J. Pengkaj. Ilmu Dan Pembelajaran Mat. Dan Ipa “Prisma Sains,” 2 2, 310–315.

Hadiwiyanti,I. 2015 Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP dan Penerapannya di Lingkungan Sekitar. Jurusan. Fis. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negri Semarang.

Hidayati, F., N.D. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis.

Ibrahim., dan Gunawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Berbantuan Lkpd Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. J. Pendidik. Fis. Dan Teknol., 1 3, 14–23.

Ismawati, F. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Curiosity Siswa Pada Pelajaran Fisika. Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles