STUDI TENTANG PROGRAM KEGIATAN PMR DAN BENTUK PERWUJUDAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DIKALANGAN SISWA SMK NEGERI 1 KOTA KUPANG

Authors

  • Semuel Sabat

Keywords:

Program kegiatan PMR, karakter kepedulian sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program kegiatan PMR yang berkaitan dengan proses pembentukan karakter kepedulian sosial siswa dan mendeskripsikan bentuk-bentuk aktivitas kepedulian sosial siswa SMK Negeri 1 Kota Kupang yang menjadi peserta atau anggota PMR. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yakni suatu analisa yang menggambarkan secara terperinci hasil-hasil yang ditemukan dilapangan melalui pengumpulan data sebanyak-banyaknya. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan kemudian diolah ke dalam bentuk kalimat yang baik dan jelas sehingga mudah dipahami.Penulis juga menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket.Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pembina PMR, dan Para Anggota PMR. Hasil penelitian menunjukan dalam pelaksanaan Program kegiatan PMR banyak hal positif yang dapat membentuk karakter kepedulian siswa terhadap masalah sosial siswa.Selain membentuk karakter, mental serta jiwa kepemimpinan siswa juga dibentuk dalam kegiatan PMR. Lewat kegiatan-kegiatan seperti donor darah, berkemah, lintas alam,siaga bencana, pertolongan pertama, gotong royong, berbagi kasih, serta kegiatan lainnya maka karakter kepedulian, mental serta jiwa kepemimpinan mereka bisa terbentuk dengan baik.Dengan banyaknya kegiatan yang dilaksanakan PMR dan diikuti siswa maka pembentukakan karakter kepedulian siswa bisa lebih baik lagi.Berkat dukungan dari pihak sekolah, Pembina, PMI, orangtua serta masyarakat juga membuat siswa menjadi semangat untuk mengikuti setiap kegiatan PMR.. Pengalaman-pengalaman yang diberikan dalam setiap kegiatan PMR juga sangatlah baik bagi siswa dalam proses pembentukan karakter kepedulian siswa. Dengan adanya pembentukan karakter dalam setiap kegiatan PMR maka mampu membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang ada.

References

Adler. 1927. Understanding Human Nature. New York: Greenburg.

Asrosi Muhammad. 2012. Psikologi Remaja Perekembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press.

Burns, R. Bender. 1993. Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku). Alih Bahasa: Eddy. Jakarta: Arcan.

Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hariwijaya, M dan Triton, P. B. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta: Tugu Publisher.

osio, J E. 2007. Kebijakan Publik dan Desentralisasi. Yogyakarta: Laskbang.

Islamy, M, Irfan. 2001. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Bandung: PT. Bina Aksara.

Keraf, Gorys. 1998. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lisnawati, Alis. 2017. Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa (Studi Deskriptif Di SMA Negeri 6 Bandung). Program Studi Dapertemen Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Maelani, Winda. 2018. Kepedulian Sosial Aktivis Palang Merah Remaja (Studi Kasus Pada Pengurus Ektrakulikuler PMR di MAN 2 Banyumas).

Program Stusi Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Dakwa Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Muchlas, Samani dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles