PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Anif Istianah Staf Pengajar pada Program Studi PPKn FKIP Undana
  • Rini Puji Susanti

Keywords:

Urgensi, Pendidikan Pancasila, Karakter Pelajar Pancasila

Abstract

Dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa bersifat positif dan negatif, salah satu yang paling sulit adalah dari sisi negatif yakni pola kehidupan perilaku manusia menyimpang dari nilai-nilai, norma-norma, dan moral. Pendidikan Pancasila merupakan matakuliah pengembangan kepribadian merupakan bagian dari matakuliah pengembangan kepribadian dalam pendidikan nasional di Indonesia. Karakter Pelajar Pancasila merupakan karakter yang diharapkan dapat terbentuk melalui Pendidikan Pancasila yang diterapkan di Perguruan Tinggi. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau studi literatur, yang mencari referensi teoretis terkait kasus atau masalah yang ditemukan. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis data yang diperoleh. Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter Pelajar Pancasila dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila yang menjadi landasan pembangunan nasional. Usaha untuk menciptakan karakter Pelajar Pancasila tidak saja merupakan gerakan dalam sistem pendidikan, namun juga merupakan gerakan masyarakat.

References

Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117-136.

Ghufron, Anik. (2010). Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 13-24.

Indratmoko, J. A. (2017). Pengaruh Globalisasi Terhadap Kenakalan Remaja Di Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 121-133.

Juliani, Asarina Jehan dan Adolf Bastian. (2021). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI, Palembang: 15-16 Januari 2021. 257-265.

Kalderanews. (2020). Begini 6 Profil Pelajar Pancasila Menurut Menidkbud Nadiem Makarim. kalderanews.com/2020/05/begini-6-profil-pelajar-pancasila-menurut-mendikbud-nadiem-makarim/ diakses 15 Juli 2021.

Kompas. (2020). Apa Itu Pelajar Pancasila, Tujuan Sekolah Penggerak dari Nadiem Makarim. https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/12/093000071/apa-itu-pelajar-pancasila-tujuan-sekolah-penggerak-dari-nadiem-makarim?page=all diakses 15 Juli 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 9-11.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.

Setijo, Pandji. (2011). Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Taniredja, Tukiran dkk. (2019). Paradigma Terbaru Pendidikan Pancasila Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Downloads

Published

2021-10-01