http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/issue/feedJurnal Gatranusantara2024-12-21T12:44:51+00:00Marsi Banigatra.nusantara@undana.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Gatranusantara (JG), <a title="ISSN: 1858-2893" href="http://u.lipi.go.id/1180426899" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151</a>, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.</p>http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view?path=IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LISTENING BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI USAPIMNASI2024-03-03T09:22:09+00:00Dortia Natundortianatun01@guru.sma.belajar.id<p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (<em>Clasroom Action Research</em>) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Usapimnasi semester genap tahun pelajaran 2022. Adapun data diperoleh melalui instrumen yaitu data tentang aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung diperoleh melalui lembar observasi dan data tentang hasil belajar siswa diperoleh dari hasi tes setiap siklus yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat begitu pula aktivitas kegiatan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 11 indikator aktivitas yang diamati mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 69 di siklus I menjadi 80 di siklus II. Hasil penelitian menujukkan dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual <em>CTL </em>terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa Siswa Kelas X SMA Negeri Usapimnasi</p>2024-03-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Gatranusantarahttp://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g2265PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP N 2 KALABAHI, KECAMATAN TELUK MUTIARA KABUPATEN ALOR2023-12-17T04:56:59+00:00Thomas Masithomas.kemil.masi@staf.undana.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 kalabahi, dan untuk mendeskripsikan penggunaan media video untuk peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 kalabahi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini meneliti suatu objek dengan menghimpun, mengamati, mengambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah, kepala sekolah SMP N 2 kalabahi, guru PPKn dan perserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran merupakan media yang digunakan dalam menunjang pembelajaran dalam kelas, meningkatkan partisipasi belajar, semangat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Guru sebagai motivator, fasilitator, dan mediator yang artinya menyiapkan, dan memotivasi siswa untuk belajar secara aktif serta memudahkan peserta didik dalam memahami dan mengerti penjelasan dalam topik materi yang disiapkan oleh guru mata pelajaran. Hal ini media video sangatlah membantu seorang guru dalam memberikan materi serta penjelasan kepada peserta didik, sehingga dalam media video tersebut bersifat rangkuman materi yang dibuat dalam bentuk yang lebih sedikit. Guru PPKn tentunya mampu mengatasi hal tersebut seperti melakukan pendekatan dan kerja sama yang baik antara guru dengan peserta didik.</p>2023-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g2267PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK DAN PERKEMBANGAN ANAK DI SMA NEGERI 4 KUPANG2023-12-17T05:13:02+00:00Leonard Lobomarsibani@instruktur.belajar.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan program sekolah ramah anak yang perlu diterapkan di SMA Negeri 4 Kota Kupang dan Mendeskripsikan tahap perkembangan penerapan program sekolah ramah anak di SMA Negeri 4 Kota Kupang.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 04 Kota Kupang.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) perlunya diterapkan penerapan program sekolah ramah anak di SMAN 04 Kota Kupang yaitu untuk membantu meingkatkan kualitas pendidikan dsekolah karena dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk belajara dan berkembang secara optimal. Dalam penerapan program sekolah ramah anak di SMAN 04 Kota Kupang terdapat berbagai strategi yang dapat dilakukan seperti penyusunan kebijakan,peltihan bagi guru dan staf sekolah serta pembentukan komite sekolah ramah anak. Oleh karena itu,diharapkan agar pihak sekolah dapat segera melakukan penerapan program sekolah ramah anak sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan dan perkembangan anak. 2) tahap perkembangan dari penerapan program sekolah ramah anak sebagai upaya pemenuhan hak dan perkembangan anak di SMAN 04 Kota Kupang adalah SMAN 04 Kota Kupang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak terlihat dari adanya program pembinaan karakter siswa,kegiatan ekstrakulikuler yang menunjang psikologis dan sosial siswa serta aturan dan tata tertib untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa walaupun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sarana dan sarana, keterbatasan tenaga pendidik yang terampil untuk mengelola dan menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. Namun sekolah telah merancanakan langkah strategis dalam mengatasi kendala tersebut dengan evaluasi-evaluasi yang dilaksanakan.</p>2023-10-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g2268UPAYA GURU PPKn DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP MUHAMMADIYAH ENDE2023-12-17T05:59:12+00:00Fredrik Kollofredik.lambertus.kollo@staf.undana.ac.id<p>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pandangan guru PPKn tentang adanya perbedaan agama, suku, dan perbedaan status sosial ekonomi di SMP Muhammadiyah Ende ?, Bagaimana program kegiatan guru PPKn dalam usaha menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Ende?, Apakah ada indikasi perlakuan diskriminasi (bully) di lakukan guru maupun siswa terhadap kelompok minoritas di SMP Muhammadiyah Ende?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pandangan guru PPKn tentang adanya perbedaan agama, suku, dan perbedaan status sosial ekonomi di SMP Muhammadiyah Ende, Untuk mengetahui bagaimana program kegiatan guru PPKn dalam usaha menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan di kalangan siswa SMP Muhammadiyah Ende, Untuk mengetahui Apakah ada indikasi perlakuan diskriminasi (bully) di lakukan guru maupun siswa terhadap kelompok minoritas di SMP Muhammadiyah Ende.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sementara teknik penjamin keabsahan data menggunakan trigulasi teknik.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Upaya guru PPKn dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMP Muhammadiyah Ende dapat dilihat dari pandangan guru-guru tentang adanya perbedaan multikultural, Program kegiatan guru PPKn dalam usaha menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan Di SMP Muhammadiyah Ende, yaitu: 1). Memberikan teladan sebelum jam pelajaran, kegiaan yang dilakukan guru PPKn yaitu: a). beriman dan berakwa b). berakhlak mulia c). saling toleransi. Dan program kegiatan . 2). Pada saat proses pembelajaran langkah-langkanya yaiu: a). guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dari suku, agama, dan status sosial ekonomi yang berbeda, b). guru memberi pemahaman kepada siswa tentang perbedaan kemanfaatan toleransi, sehingga dari program yang ada diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Ende tentang keberagaman serta berbagai kultur yang ada dikalangan kehidupan dan lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah Ende.</p> <p> </p>2023-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g2269PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI OLEH GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 FATULEU2023-12-17T06:17:31+00:00Dorkas Langgardorcaslanggar@gmail.comHiwa Wondahiwawonda@gmail.comLeonard Lobomarsibani@staf.undana.ac.idSoleman Ufaprismanu14@gmail.com<p>Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri oleh guru PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Fatuleu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Fatuleu.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode peneletian kualitatif dengan memperoleh sumber data primer maupun sekunder. Peneliti menggunakan teknik observasi, tes tulis, wawancara dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini: Guru PPKn dan siswa-siswi kelas VIII D SMP N 1 Fatuleu sebanyak 31 orang.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri sangat baik dalam pembelejaran PPKn karena guru mata pelajaran dapat menggunakan semua langkah-langkah model pembelajaran inkuiri dimulai dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan dengan baik sehingga membuat siswa lebih aktif dan dapat berpikir kritis dalam memahami sebuah masalah dan mencari materi sendiri tentang apa yang akan dipelajari dan materi tersebut akan diingat secara otomatis sehinngga hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn menjadi meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang awalnya nilai rata-rata siswa hanya mencapai 68,29 dan meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri menjadi 83,7.</p> <p> </p>2023-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g2272NILAI-NILAI BUDAYA MASYARAKAT LAMALERA DALAM TRADISI LEVA NUANG (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT LAMALERA KECAMATAN WULANDONI KABUPATEN LEMBATA2023-12-17T11:00:08+00:00Petrus Lypetrusly@staf.undana.ac.id<p>Rumusan Malasah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses leva Nuang di Desa Lamalera (2) Bagaimana Nilai-nilai Budaya yang terkadung dalam Tradisi Leva Nuang di Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Leva Nuang di Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata (2) Untuk mendeskripsikan Nilai-nilai Budaya dalam Tradisi Leva Nuang di Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang di kumpulkan, baik data primer maupun data sekunder yang diperoleh di lapangan dianalisi dengan cara merangkai hal-hal pokok, menyajikan data ke dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami, dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Lamalera B dan Tokoh Masyarakat.</p> <p>Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa proses penangkapan ikan paus pada masyarakat lamalera Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata masih menngunakan alat-alat tradisional yang ramah lingkungan. Alat-alat tersebut yakni peledang (perahu kayu tanpa mesin yang hanya digunakan pada saat pemburuan) dan tempuling (tombak) sebelum melakukan pemburuan masyarakat melakukan berbagai ritual seperti tobu name fata, ritual adat iye gerek, misa arwah, dan misa leva komunitas masyarakat nelayan terhadap tradisi Leva Nuang menujukan bawah tradisi ini sudah sangat terikat dengan keseharian masyarakat Lamalera sendiridalam tradisi penangkapan ikan paus dapat mengajarkan masyarakat dapat hidup berinteraksi dengan sesama kelompok-kelompok (suku) sehingga membentuk kehidupan masyarakat dalam penangkapan ikan paus. Dalam tradisi ini memiliki nilai-nilai sebagai simbol hidup dalam pekerjaanya sebagai nelayan. Dalam tradisi leva nuang dapat ditemui banyak sekali nilai moralnya. Salah satunya nilai kebersamaan dan gotong royong.Startegi masyarakat desa Lamalera dalam mempertahankan nilai moral di balik budaya pemburuan ikan paus adalah dengan memperkenalkan budaya tersebut ke masyarakat lain dan kepada generasi saat ini.</p>2023-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g2273AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR2023-12-17T11:20:36+00:00Dorkas Langgardorcaslanggar@staf.undana.ac.id<p>Masalah dalam penelitian ini adalah(1) penerapan aktualisasi nilai-nilai karakter religius dan toleransi melalui pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur?(2)Apa saja faktor yang mendukung nilai-nilai karakter religious dan toleransi dalam pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur? Tujuan penelitian inia dalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai religious karakter dan toleransi melalui pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur.(2) Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai karakter religius dan toleransi dalam pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yakni dengan tahapan sebagai berikut pengamatan terhadap proses penerapan nilai religius dan toleransi di kelas dan menganalisis secara rinci hasil-hasil temuan lapangan menggunakan pertanyaan-pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi respon dalam penelitian ini adalah guru PPKn, siswa kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut. (1). Strategi guru PPKn dalam menerapkan nilai religius dan toleransi melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa-siswi: Guru PPKn membiasakan siswa-siswi memberi salam kepada guru sebelum masuk kelas, membiasakan siswa-siswi untuk memberikan salam kepada bapak/ibu guru yang hendak masuk ke dalam kelas untuk memberikan materi pembelajaran, mengingatkan untuk menghargai guru ketika sudah berada di depan kelas, memberikan bimbingan berupa cara bertutur kata tidak boleh menggunakan nada tinggi atau kasar dan tidak boleh berkata kotor, memberikan motivasi untuk menghargai atau menghormati sesama siswa, membiasakan untuk saling membantu atau menolong siswa yang kesusahan.(2). Faktor yang menghambat guru dalam menerapkan nilai karakter religius dan toleransi sebenarnya tidak ada, tetapi siswa-siswi berasal dari latar belakang keluarga yang meganut agama yang berbeda misalnya ada siswa yang ketika diberikan bimbingan patuh dan melaksanakan tetapi ada juga yang nakal sehingga perlu diingatkan atau dibimbing terus menerus dan mengawasinya. Untuk itu guru harus terus bersabar untuk memberikan bimbingan dan terus mengawasi atau mengontrol, agar dapat mencapai arah atau tujuan yang maksimal.</p>2023-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023