ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PAPAN JATI PADA CV. PUTRI TUNGGAL JEPARA

Authors

  • Yoseba Pulinggomang Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosialdan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana
  • Erna Giri Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosialdan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Perencanaan, Persediaan, Bahan Baku

Abstract

Pengelolaan persediaan bahan baku merupakan faktor penting yang menentukan kelancaran proses pro- duksi. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan perencanaan strategis untuk memastikan tingkat persediaan bahan baku yang sesuai, sehingga menghindari jumlah yang berlebihan dan tidak mencukupi selama proses pro- duksi. Jika kejadian seperti itu terjadi, hal ini akan menghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan dan sasarannya. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat persediaan bahan baku yang paling efisien pada CV Putri Tunggal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data tersebut akan dianal- isis dengan teknik Economic Order Quantity (EOQ), Reorder Point (ROP), dan Safety Stock (SS). Temuan dari pemeriksaan pengelolaan persediaan bahan baku dan optimalisasi proses produksi pada CV Putri Tunggal Jepara pada tahun 2023 menunjukkan bahwa kebutuhan papan jati seluas 2.945m2. Kuantitas ini ditentukan berdasarkan penerapan prinsip Economical Order Quantity (EOQ) yang menyarankan ukuran pesanan optimal sebesar 500m2. Selain itu, Titik Pemesanan Ulang (ROP) seluas 11m2 direkomendasikan untuk memungkinkan pengisian inven- taris tepat waktu.

References

Ahyari, A. (2002). Manajemen produksi: pengendalian produksi. Edisi keempat buku dua Yogyakarta: BPFE.

Assauri, S. (2004). Manajemen produksi dan Operasi, edisi revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE. UI.

Baja, I. S. (2012). Perencanaan tata guna lahan dalam pengembangan wilayah. Penerbit Andi.

Bastomi, M. (2023). Analissi metode economic order quantity, safety stock, reorder point, dan cost of inventory dalam mengoptimalkan manajemen persediaan UMKM bakso pedas. Indonesian Journal of Contemporary Multidisiplinary Re- search, 2(1), 29-44.

Gitosudarmo, I. dan Basri. (2002). Manajemen Keuan- gan. Yogyakarta: BPFE.

Handoko, S. (2011). Penembangan Sistem Informasi untuk Mendukung Pelayanan Peminjaman dan Pengembalian Peralatan di SMK Muhammadi- yah I Bambanglipuro Bantul Yogyakarta.

Herjanto, E. (2008). Manajemen Operasi Edisi Ketiga, Jakarta Grasindo.

Fahmi, I. (2016). Manajemen sumber daya manusia Te- ori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Naibaho, A. T. (2013). Analisis pengendalian internal persediaan bahan baku terhadap efektifitas pen- gelolaan persediaan bahan baku. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntasi, 1(3).

Pranoto, D. H., Rahadian, Z. dan Hidayaty, D. E. (2023): Price cost of production in SMEs facto- ry Abadi Jaya crackers. Formosa Journal of Sci. and Tech, 2(6), 1421-1426.

Riyanto, B. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusa- haan. Edisi Kelima. Yogyakarta BPFE

Swasono, M. A. dan Prastowo, A. T. (2021). Analisis dan perancangan system informasi pengendalian persediaan barang. Jurnal In- formatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 134-143.

Downloads

Published

2023-10-18

Issue

Section

Articles