Persepsi Pengguna Jasa Transportasi Kapal Ferry Indonesia Rute Kupang – Aimere Terhadap Sistem Pembayaran Elektronik Money (Brizzi) Di Pelabuhan Bolok Kupang
Keywords:
e-Money, BrizzyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi pengguna jasa kapal Ferry In- donesia rute KupangAimere terhadap sistem pem- bayrana electronic money (brizzi) di pelabuhan Bolok Kupang. Metode penelitian ini menggunakan deskrip- tif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap 20 informan yang terdiri dari 16 pengguna jasa rute kupang-Aimere, 2 petugas loket tiket dan 2 petugas loket top up brizzi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengguna jasa rute KupangAimere mempunyai persepsi positif terhadap penggunaan electronic mon- ey (brizzi) ini sebagai sistem pembayaran tiket kapal Ferry rute Kupang-Aimere. Persepsi positif mereka dilihat dari indicator standar pelayanan publik yai- tu prosedur pelayanan, produk pelayanan, Sarana dan Prasarana. Namun persepsi negatif juga dituju- kan pengguna jasa kapal Ferry rute Kupang-Aimere dengan karakteristik tertentu seperti pengguna jasa berasal dari pedesaan yang kesulitan menggunakan electronic money (brizzi) karena belum terbiasa meng- gunakan electronic money (brizzi) dan juga pengguna jasa yang tidak memiliki kartu electronic money (brizzi) merasa memiliki electronic money (brizzi) adalah hal yang t dak ada manfaat karena memperlambat proses pembelian tiket kapal.
References
Desmala, S. (2020). Analisis Penggunaan Uang Elektronik Sebagai Alat Pemba- yaran. In Universitas Islam Negeri Wali- songo Semarang.
Djunaidi Ghony, F. almanshur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Arr-Ruzz Mediia (Ed.)). 2012.
Keluhan Tiket Non Tunai di Pelabu- han Bolok Kupang, Ombudsman: Idealnya Pelayanan Dirancang O n - line. (2022). VOI.ID. https:// voi.id/amp/187041/keluhan-tiket- non-tunai-di-pelabuhan-bolok-kupang- ombudsman-idealnya-pelayanan- dirancang-online
Ombudsman. (2009). Undang-undang Re- publik Indonesia nomor 25 tahun 2009.
Penerapan Pembayaran Non Tunai Tiket Fer- ry di 20 Pelabuhan Capai 100 Persen.
(2021). ASDP Web Corporate.
https://www.asdp.id/siaran- pers/penera- pan-pembayaran-non-tunai- tiket-fer- ry-di-20-pelabuhan-capai-100- persen
Sarlito, W Sarwono . 2009. Pengantar Psi- kologi Umum. Depok: Rajawali Pers
Septiani, M. (2021). Pelayanan Publik Merde- ka dari Pandemi Covid-19. OMBUDS- MAN REPUBLIK INDONESIA.
https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel- -pelayanan-publik-merdeka-dari-pan- demi-covid-19-
Subandriyo, B. (2020). Pelayanan Publik Dig- ital. In Pelatihan Kepemimpinan Pengawas BPS Angkatan 2020.
Ke-3 T a h u n
https://pusdiklat.bps.go.id/diklat/bahan_d iklat/BT_Pelayanan Publik Digital_Uta- ma Andri Arjita S.T., M.T._2170.pdf