Inovasi Pengembangan Usaha Mikro (Studi Kasus Ijus Melon Di Kota Semarang)
Keywords:
Innovation, Usaha Mikro, Ijus MelonAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupa- kan salah satu penyokong perekonomian nasional. Hal ini dilihat dari kontribusi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia yakni 60,34%. Kota Semarang merupakan salah satu daerah yang jumlah UMKM mengalami peningkatan. Pada tahun 2023 jumlah UMKM Kota Semarang sebanyak 187.000unit usaha. Pengeman- gan UMKM Kota Semarang bukan sesuatu hal yang mudah, ada berbagai kendala yang dihadapi, seper- ti belum adanya kemudahan dalam pembuatan izin usaha, masih kurangnya akses modal dan pemasa- ran produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang melaku- kan reformasi birokrasi dalam bidang pelayanan pub- lik yaitu menciptakan inovasi pembuatan ijin usaha mikro melalui online (Ijus Melon). Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis karakteristik dan faktor penghambat inovasi Ijus Melon dalam pengembangan usaha mikro di Kota Semarang. Penelitian ini meng- gunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil pe- nelitian menunjukkan bahwa menurut karakteristik inovasi yakni; advantage relative (keunggulan relatif), compatibility (kesesuaian), complexity (kempleksitas), triability (kemampuan uji coba), observability (kemam- puan diamati) Ijus Melon dinilai sudah cukup baik. Dan juga diketahui ada tiga faktor yang menjadi peng- hambat dalam penerapan Ijus Melon, yakni; Angga- ran jangka pendek dan perencanaan, Teknologi dan Tekanan dan hambatan administratif.
References
Anggraeni, F. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Admin istrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6), 1286–1295.
Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis UMKM 2014.
Cahyo Uji Purnanto, Margareta Suryaningsih, K. (2014). Implementasi Program Pem- berdayaan Usaha Mikro Batik Dalam Lingkup Klaster Batik Kota Semarang. Indonesian Journal of Public Policy and Management Review, 3(2), 124–131.
Damanpour, F., & Schneider, M. (2009). Characteristics of innovation and inno- vation adoption in public organizations: Assessing the role of managers. Journal of Public Administration Research and Theory, 19(3), 495–522. https://doi. org/10.1093/jopart/mun021
Indra, R., Hidayat, Z., & Tukina. (2023). Characteristics of Innovation as Deter- minants of Voluntary Adoption of Mo- bile Money in Indonesia. Proceedings of the 3rd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2021 (BIS-HSS 2021), 448– 456. https://doi.org/10.2991/978-2- 494069-49-7_75
Kementerian Perindustrian RI. (2023). Kontri- busiUMKMTerhadapPDB.https://www. ekon.go.id/publikasi/detail/5318/ dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-ex- port-pemerintah-siapkan-eko- sistem-pembiayaan-yang-terintegrasif
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (R. Holand (ed.); second). SAGE Publica- tion.
Novikov, Z., Singer, S. J., & Milstein, A. (2024). Innovation Diffusion Across 13 Specialties and Associated Cli- nician Characteristics. Advances in Health Care Management, 22, 97–115. https://doi.org/10.1108/S1474- 823120240000022005
Nugroho, Z. D., & Widiarti, P. W. (2022). Pen- garuh karakteristik inovasi dan saluran komunikasi terhadap keputusan adopsi inovasi dompet elektronik. Lektur: Jur- nal Ilmu Komunikasi, 4(4). https://doi. org/10.21831/lektur.v4i4.18538
Osborne, S. P. (1998). Voluntary Organiza- tions and Innovation in Public Services. Routledge.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innova- tions. In Diffusion of Innovations.
Suci, Y. R., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi, 6(1), 51–58.
Suwarno, Y. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. STIA-LAN Press.
Yaacob, H. F., & Yusoff, M. Z. bin. (2014). Comparing the Relationship between Perceived Characteristics of Innovation (PCI) and Adoption of Computer Based Training among Trainer and Trainees. Procedia - Social and Behavioral Sci- ences, 155(October), 69–74. https:// doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.258