EVALUASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DALAM PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DI DINAS KEPENDUDUKKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MANGGARAI

Authors

  • Redegundis Jelita Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Nusa Cendana
  • Jeni J. Therik Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Nusa Cendana
  • Cataryn V. Adam Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Evaluation, SIAK, Public Service

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sep- erti apa Evaluasi atau penilaian dari Sistem informa- si Administrasi Kependudukkan (SIAK) dalam Pem- buatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ap- likasi SIAK khususnya dalam pembuatan Kartu Kel- uarga di Dinas Kependudukkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai sudah berjalan cukup baik wa- laupun ada juga beberapa masalah yang sering terjadi sehingga lambatnya proses pembuatan Kartu Keluar- ga ditinjau dari tiga indikator evaluasi menurut Wil- liam DeLone dan Mc Lean yaitu: (1) Kualitas Sistem, Kualitas sistem yang ada di Dinas Kependudukkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai sudah sangat baik, kecepatan sistem yang diperlukan petu- gas/Pegawai untuk menginput segala jenis data bisa dihutung menit dengan kisaran 20-30 menit dan su- dah termasuk dengan verifikasi datanya. Walaupun demikian masih ada kendala seperti cuaca kurang bagus yang sulit untuk dikendalikan sehingga beraki- bat pada jaringan yang buruk pula mengakibatkan ter- hambatnya penginputan data kependudukkan, serta kendala lain berupa komputer atau alat print yang tiba tiba eror yang menghambat prosesnya pencetakkan dokumen kependudukkan. (2) Kualitas Pelayanan, ada beberapa Pegawai yang kurang baik dan kurang gesit dalam memberikan pelayanan seperti pada saat lembar formulir pengisian identitas habis pegawai ti- dak menindaklanjuti dengan cepat masalah tersebut dengan cara print out kembali file formulir pengisian identitas tersebut sehingga ada masyarakat yang com- plain dan terpaksa masyarakat itu sendiri yang print out formulir pengisian identiasnya. (3) Tingkat Kepua- san Tingkat kepuasan masyarakat pada Dinas Kepen- dudukkan dan pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai sudah cukup memuaskan, Sebagian masyarakat juga ada yang kurang puas atas pelayanan yang diberikan seperti fasilitas diruang tunggu berupa kursi yang tersedia sangat terbatas kemudian fasilitas lain berupa tempat parkirpun tidak tersedia, hal ini mengakibatkan masyarakat yang datang menggunakan sepeda motor maupun mobil harus parkir di pinggir jalan.

References

Bodgan. Dan Taylor.2000. Dalam Moleong. Metode Penelitian, hlm.3. Carbondale: Southem Illiona University Press.

Nugroho, Eko.2008. Sistem Informasi Mana- jemen: Konsep, aplikasi

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung:Alfabeta

Dwidjowijoto, Riant Nugroho. 2006. Kebija- kan Publik Untuk Negara

Negara Bekermbang. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

DeLone, W, & McLean, E. (2003) . The De- Lone and McLean Model of Information system Sucsses: A Ten Year Update. Managemen Information System. New York: M.E Sharpe Inc.

Urbach, N, & Muller, B. (2012) The Updated DeLone and McLean Model of Informa- tion system Success. Berlin: Springer Science Bussiness Media.

Kotler & Ari. (2012) . Tingkat Kepuasan Mas- yarakat. Jakarta: Erlangga

McLeod, Raymond. (2001) . Sistem Informasi Manajemen Jilid 2 Edisi ke 7. Jakarta: Prenhallindo.

Fitriasary, Dewy & Kwary Arnos Deny.(2005). Sistem Informasi. Jakarta: Prenhallin- do.

Gondodiyoto,Sanyoto.(2003) . Audit Sistem Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Me- dia.

Kertahadi & Fatta.(2007) . Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Davis & Gaol.(2008) . Sistem Informasi Ma- najemen. Jakarta: Grasindo.

Raymond McLeod, Jr.2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Prenhallino

Sinambella. Poltak.Lijan.2008. Reformasi Pe- layanan Publik. Jakarta: Bumi aksara.

Sugiono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Fulthoni, Arianingtyas, Renata, Aminah Siti, dan Sihombing, Uli Parulian.(2009) Me- mahami Kebijakan Administrasi Kepen- dudukkan. Jakarta: The Indonesian Legal Resource Center (ILRS)

Jogiyanto. (2007) Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Moenir, H.A.S. (2010) . Manajemen Pe- layanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang RI No 23 tahun 2006 ten- tang Penyelenggaraan administrasi Kependudukkan

Peraturan Mendagri RI No. 25 tahun 2011 tentang SIAK

Keputusan Presiden RI No. 88 tahun 2004 tentang Pengelolaan Informasi adminis- trasi Kependudukan

Keputusan Menpan RI No. 63 tahun 2005 tentang Pengelompokkan Pelayanan umum.

Keputusan Menpan RI Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pengelompokan Pelayanan Umum

Keputusan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 81 Tahun 1993

Keputusan Menteri PAN RI Nomor 23 Ta- hun 2004 tentang Dimensi Kinerja Pe- layanan Publik

Keputusan Menteri PAN RI Nomor 25 Tahun 2004 tentang Kepuasan Masyarakat

UU RI Nomor 25 Tahun 2000 tentang Pro- gram Pembangunan Nasional

Keputusan Menpan RI Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelengga- raan Pelayanan Publik

Jurnal/ Karya Ilmiah

Andhikaputra, Harwindo., Hidayat, Zain- al., dan Mustam, Mochmad. (2015). Implementasi Peraturan Daerah No.7 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kabupaten Semarang (Studi Kasus pada Pen- catatan Kelahiran dan Penerbitan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang). Journal of Public Policy and Manage- ment Review, 4 (1). 32-41.

Astuti, Tri Wahyuni. (2018). Efektivitas Pen- erapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam Mening- katkan Pelayanan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Tahun 2015- 2016. Skripsi. Universitas Muhammad- iyah Yogyakarta.

Cahyo, Septyan Dwi. (2016). Sistem Informa- si Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Skripsi, Universitas Sebelas Maret.

DeLone, William H. dan Ephraim R. McLean. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten- Year Update. Journal of Management Information Systems, 19.

Hisbani, Nur Ayyul., Karim, Musliha., dan Malik, Ihyani. (2015). Penerapan Ino- vasi Pelayanan Publik di Dinas Kepen- dudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang. Jurnal Administrasi Publik, 1 (3), 266-277.

Juhaeriah, Euis. 2015. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kepen- dudukkan Dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Skripsi. Tangerang: Univer- sitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Nugroho.Adi.Puguh. 2017. Evaluasi Pener- apan SIAK di Dinas Kependudukkan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Dipo- negoro

Purba Fredy Jon. 2018. Implementasi SIAK studi tentang pengurusan KTP-El di Kantor Camat Medan Baru. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Downloads

Published

2024-04-26

Issue

Section

Articles