ANALISIS KEBIJAKAN PERUBAHAN METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI PADA MASA PANDEMI COVID - 19

Studi Kasus di Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Nusa Cendana

Authors

  • Adriana R. Fallo Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Pendidikan, Covid 19, Kebijakan, Analisis

Abstract

Pemerintah di seluruh dunia telah menerapkan kebijakan jarak sosial dan tinggal di rumah untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Hal ini juga menyebabkan terjadinya perubahan metode pembelajaran di perguruan tinggi pada masa pandemi covid 19 khususnya di Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Nusa Cendana Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informen penelitian ini ditentukan secara purposive dengan jumlah 50 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data spiral dari Creswell (2016:264-268). Peneliti akan melakukan tahapan pengumpulan data menurut Creswell (2016:254-255) sebagai yaitu observasi kualitatif (qualitative observation), wawancara kualitatif (qualitative interview), penelusuran Dokumen-dokumen kualitatif (qualitative documents) dan materi audio dan visual kualitatif (qualitative audio and visual materials). Hasil temuan dalam penelitian ini berdasarkan pada teori dari Nawawi (2008:87) yang menyatakan bahwa pada umumnya, analisis kebijakan memfokuskan kajiannya pada tiga hal. Ketiga fokus tersebut merupakan pijakan yang  dipedomani dalam melakukan analisis kebijakan. Tiga fokus tersebut, yaitu; (1) Definisi masalah sosial dimana pandemi Covid 19 belakangan ini telah memaksa lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas Nusa Cendana Khususnya pada Jurusan Ilmu Administrasi Negara lebih responsif dalam menerapkan kebijakannya sehingga dapat berdampak bagi metode pembelajaran yang murah dan mudah dijangkau oleh mahasiswa serta tenaga pendidik yaitu dengan metode oembelajaran jarak jauh menggunakan media online, (2) Implementasi kebijakan selama  pandemi covid 19 adalah dengan diterbitkannya surat edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan dan Nomor 36926/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran daring, para pendidik diharapkan menghadirkan proses pembelajaran menyenangkan bagi siswa. Di level perguruan tinggi Universitas Nusa Cendana Kupang juga membuat surat edaran yang isinya sama yaitu menerapkan pembelajaran daring di kampus (3) Akibat-akibat kebijakan secara negatif adalah pembelajaran jarak jauh masih belum mampu membuat mahasiswa aktif dalam perkuliahan daring, mahasiswa harus menyediakan dana lebih untuk membeli kuota internet yang cukup, sinyal internet lemah, dosen tidak mengetahui secara pasti mahasiswa yang menyimak materi dan tidak menyimak sedangkan akibat kebijakan secara positif adalah mahasiswa lebih mampu  meningkatkan pertumbuhan akademiknya, memaksimalkan penggunaan perangkat yang berteknologi lebih maju, Terdapat sikap karakter positif mahasiswa yang mungkin bisa tumbuh di dalam dirinya selama pembelajaran jarak jauh dari rumah ini. Salah satunya yaitu kemandirian.

 

References

Ahmed, A. K., & Ain, A. 2013. Teacher-Centered Versus Learner -Centered Teaching Style. The Journal of Global Business Management.

Anderson, James A. 2006. Public Policy-Making. New York: Holt Rine Hart and Winstone

Bakry, Noor Ms. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Beatriz Perondi , Anna Miethke-Morais , Amanda C. Montal , Leila Harima ,Aluisio C. Segurado. 2020. Setting up hospital care provision to patients withCOVID-19: lessons learnt at a 2400-bed academictertiary center in São Paulo, Brazil. “, for the Hospital das Clinicas COVID-19 Crisis ManagementCommittee. https://doi.org/10.1016/j.bjid.2020.09.005

Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dole, S., Bloom, L., & Kowalske, K. 2015. Transforming Pedagogy: Changing PerspectivesFrom Teacher-Centered To Learner-Centered. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1538

Dunn William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dursun Tolga, Kader Oskayba, Cansu Gökmen. 2013. The Quality Of Service Of The Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences 103 ( 2013 ) 1133–1151

Ekici, D. I. 2017. The Use of Edmodo in Creating an Online Learning Community of Practice for Learning to Teach Science.Malaysian Online Journal of Educational Sciences.

El-Hussein, M. O. M., & Cronje, J. C. 2010. Defining Mobile Learning In The Higher Education Landscape. Educational Technology and Society. Defining mobile learning in the higher education landscape.

Faizin Ahmad dan Efendi David. 2020. Membaca Korona: Esai-Esai Tentang Manusia, Wabah, Dan Dunia. Gresik: Caremedia Communication

Gon, S., & Rawekar, A. 2017. Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.18311/mvpjms/0/v0/i0/8454

Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile Computing Devices In Higher Education: Student Perspectives On Learning With Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hasbullah, H. 2015. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, Dan. KondisiObjektif Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Herrington, A., & Herrington, J. 2007. Authentic Mobile Learning In Higher Education. International Educational Research Conference. https://doi.org/10.1109/ICNICONSMCL.2006.103

Imron, Ali, 2002. Kebijaksanaan Pendidikan Di Indonesia; Proses, Produk, dan Masa Depan. Jakarta: Bumi Aksara.

J. Guiota,, M. Henketa, A.N. Frixa, M. Delvauxa, A. Denisa, L. Giltaya,M. Thysb, F. Gestera, M. Moutschenc, J.L. Corhaya, R. Louisa, on behalf ofthe COVID-19 clinicalinvestigators of the CHU de Liege. 2020. Single-Center Experience Of Patients Withinterstitial Lung Diseases During The Early Days Ofthe COVID-19 Pandemic. The Japanese Respiratory Society. https://doi.org/10.1016/j.resinv.2020.08.006

Kusuma, D. A. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Grobal. Jakarta: Grasindo.

Luankali, Bernadus. 2007. Analisis Kebijakan Publik Dalam Proses Pengambilan Keputusan. Jakarta: AMELIA.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nawawi, Ismail. 2008. Public Policy: Analisis, Strategi Advokasi Teori Dan Praktek. Surabaya: Putra Media Nusantara

Nurmukhametov, Temirova, Bekzhanova. 2015. The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences 182 ( 2015 ) 15 – 19

Saltiel, F. 2020. Comparative Evidence On The Returns Of Tasks In Developing Countries. Mimeo. http://econweb.umd.edu/~saltiel/files/wfh_mostrecent.pdf

Sanusi, Anwar dan Suzana, Reni. 2015. Modul Pelatihan Analisis Kebijakan (Analisis Kebijakan Publik). Jakarta: t.p.

Semradova a Ilona, & Hubackova Sarka. 2016. Teacher Responsibility In Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences 217 ( 2016 ) 544 – 550

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, S. S. M. 2016. Google Classroom As A Tool For Active Learning. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/1.4960909

Soekanto Soerjono. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press

Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58.

Suharyanto. 2020. Kumpulan Peraturan Perundangan-Undangan Tentang Covid 19. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia

Syafaruddin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan : Konsep, Strategi Dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Viner, R. M., Russell, S. J., Croker, H., Packer, J., Ward, J., Stansfield, C., Booy, R. 2020. School Closure And Management Practices During Coronavirus Outbreaks Including COVID-19: A Rapid Systematic Review. The Lancet Child and Adolescent Health. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30095-X

Yasenov, Vasil. 2020. Who Can Work from Home?. IZA Discussion Paper No. 13197, Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3590895

Yin Wua,b, Linda Kwakkenbosc, Richard S. Henrya,b, Lydia Taoa, Sami Harba,b, Angelica Bourgeaulta, Marie-Eve Carriera, Brooke Levisd, Ying Suna, Parash Mani Bhandaria,e, Andrea Carboni-Jiméneza,b, Maria Gagarinea,e, Chen Hea, Ankur Krishnana, Zelalem F. Negeria,e, Dipika Neupanea,e, Luc Mouthong,h, Susan J. Bartletti,j, Andrea Benedettie,f,i, Brett D. Thombsa,b,e,k,l,m,N , on behalf of the Scleroderma Patient-centered Intervention Network (SPIN) COVID-19 Investigators (Nicole Culos-Reeda, Ghassan El-Baalbakib, Shannon Hebblethwaitec, Scott Pattena,

John Vargad, Laura Bustamantec, Delaney Ducheka, Kelsey Ellisa, Danielle Ricee), SPIN COVID-19 Patient Advisory Team (Laura Dyasf, Catherine Fortunég, Amy Gietzenh, Geneviève Guilloti, Nancy Lewisj, Karen Nielsenk, Michelle Richardl, Maureen Sauvém, Joep Wellingn. 2020. Validation Of The COVID-19 Fears Questionnaires For Chronic Medical Conditions: A Scleroderma Patient-Centered Intervention Network COVID-19 Cohort Study. Journal of Psychosomatic Research 139 (2020). 110271https://doi.org/10.1016/j.jpsychores.2020.110271

Downloads

Published

2021-06-26

Issue

Section

Articles