Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Penfui Timur

Studi Kasus Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah – Kabupaten Kupang

Authors

  • Ananias Riyoan Philip Jacob Program Studi Ilmu Politik - Universitas Nusa Cendana
  • Tri Anggraini Program Studi Administrasi Negara - Universitas Timor

Keywords:

Partisipasi Masyarakat;, Pembangunan desa, Demokrasi Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah – Kabupaten Kupang dan dianalisis menggunakan teori tradisi partisipasi masyarakat  Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif guna menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data yang diperoleh. Lokasi penelitian adalah wilayah desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten kupang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada para informan yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa masyarakat di desa penfui timur secara aktid turut berpartisipasi terhadap pembangunan di desa hal ini dapat dicermati melalui partisipasi yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

References

Conyers, D. 1994. Perencanaan Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Djoeromana, S., E.T. Salean, dan W. Nope. 2007. “An Overview of Environmental, Socio-cultural, Economic and Politic Aspect of Rural Development in East Nusa Tenggara.” Workshop to Identify Sustainable livehoods. Canberra: ACIAR.

Handayani, Suci. 2006. Pelibatan Masyarakat Marjinal Dalam Perencanaan dan Penganggaran Partisipasi . Surakarta: Kompip Solo.

Isbandi, Rukminto Adi. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas : Dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP UI Press.

Miles, Matthew B., dan Michael Huberman. 1994. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Ndraha, T. 1990. Membangun masyarakat, Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta: Rineka Cipta.

Sastropoerto. 2007. Partisipasi Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam pembangunan nasional. Bandung: Alumni.

Sembel, Tesyalom, Ronny Gosal, dan Sofia Pangemanan. t.thn. PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus di Desa Sinsingon Barat, Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaan Mongondow) . Skripsi, Manado: Prodi. Ilmu Pemerintahan - FISIP Ustrat.

Slamet, M. 2003. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor: IPB Bogor.

Soetrisno, L. 1995. Menuju masyarakat partisipatif. Yogyakarta: Kanisius.

Sonntag, B.H., J. Huang, S. Rozelle, dan J.H. Skerritt. 2005. China's Agricultural And Rural Development In The Early 21 Century. ACIAR Monograph.

Suryono, Agus. 2005. Teori dan Isi Pembangunan. Malang: UM Press.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Jacob, A. R. P., & Anggraini, T. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Penfui Timur: Studi Kasus Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah – Kabupaten Kupang. Jurnal Politiconesia, 10(1), 1–8. Retrieved from http://publikasi.undana.ac.id/index.php/jp/article/view/p336

Issue

Section

Articles