Pembuatan Minuman Sehat dari Jamur Kombucha sebagai Minuman Probiotik bagi Siswa SMP Ibnu Hajar

Authors

  • Herayanti P. Nastiti Universitas Nusa Cendana
  • Heri Armadianto universitas nusa cendana
  • Herowati T. Pangestuti Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Kombucha, probiotic

Abstract

ABSTRAK

Kombucha adalah teh jamur yang berasal dari asia timur dan tersebar ke jerman melalui rusia sekitar pergantian abad – 20. Kombucha dikenal sebagai minuman sehat. Salah satu khasiatnya adalah menjaga sistem pencernaan, menurunkan risiko penyakit aterosklerosis, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, konsumsi minuman ini secara teratur juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan gangguan ginjal. Minuman probiotik ini sangatlah baik untuk meningkatkan kesehatan. Tujuan dari pkm ini adalah memberikan penyuluhan tentang pembuatan minuman probiotik berbahan dasar jamur kobucha. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa menunjukan adanya peningkatan ketrampilan dan memahami pentingnya meminum ramuan ini untuk kesehatan. Kesimpulan: 1. Siswa dapat memahami manfaat dari minuman probiotik demi kesehatan dan 2. Siswa terampil dalam mengelola minuman tersebut.

Kata kunci: Kombucha, probiotik

Author Biographies

Herayanti P. Nastiti, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan

Herowati T. Pangestuti, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan

References

Frank, G. W. 1991. Kombucha: healthy beverage and natural remedy from the Far East; its correct preparation and use. Ennsthaler.

Hendro, I. 2011. Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Simanjuntak, R. d, Siahaan, N. 2011. Pengaruh konsentrasi gula dan lama fermentasi terhadap mutu teh kombucha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Tinggi, 4(2), 81–91.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Nastiti, H. P. ., Armadianto, H. ., & Pangestuti, H. T. . (2023). Pembuatan Minuman Sehat dari Jamur Kombucha sebagai Minuman Probiotik bagi Siswa SMP Ibnu Hajar. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Petani, 4(2), 618–622. Retrieved from http://publikasi.undana.ac.id/index.php/jpmp/article/view/p2042

Issue

Section

Articles