Potensi Situs Sejarah dan Budaya Bagi Upaya Pengembangan Heritage Tourism Di Kawasan Situs Nuat Bkau Kabupaten Kupang

Authors

  • Susilo Setyo Utomo Pendidikan Sejarah, FKIP, Undana

Keywords:

Heritage Tourism, Situs Nuat Bkau, Potensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi yang terdapat di kawasan Situs Nuat Bkau yang dapat dijadikan sebagai heritage tourism, mengidentifikasi strategi untuk mengembangkan heritage tourism, dan mengidentifikasi pengaruh atribut lingkungan sebagai daya tarik heritage tourism Situs Nuat Bkau. Tujuan ini dapat dicapai dengan melakukan pendekatan penelitian kualitatif dengan melakukan observasi di sekitar lokasi yaitu guna mendapatkan data mengenai potensi wisata, wawancara secara mendalam, studi pustaka/dokumen, serta diperkuat dengan melakukan focus group discussion (FGD) dengan para pakar, pemerintah daerah, dinas pariwisata dan pelaku usaha pariwisata. Data yang telah didapatkan lalu dianalisis  dengan model analisis interaktif yang terdiri atas: Reduksi data, Display/Penyajian data dan Kesimpulan/Verifikasi. Untuk menguji keabsahan data penelitian digunakan derajat keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa situs nuat bkau menyimpan potensi pariwisata sejarah dan budaya yang dapat dijadikan sebagai heritage tourism. Artefak peninggalan sejarah dan budaya pada masa praaksara ditemukan di situs nuat bkau. Rangka manusia, tembikar yang berbentuk polos dan hias, manik-manik, alat-alat serpih batu. Lingkungan disekitar situs nuat bkau sangat sejuk, dengan pemandangan yang masih alami khas pulau timor.

References

Adi, S.W., dan Hakim, L. 2010. Model Revitalisasi Kawasan Kota Lama Ditinjau Dari Aspek Kepariwisataan Untuk Memacu Daya Tarik Wisata dan Menumbuh Kembangkan Wisata Budaya-Sejarah: Kasus di Semarang, Jawa Tengah, Laporan Hibah Bersaing Tahun Pertama. Dikti.

Astuti, Marhanani Tri, dan Noor, Any Ariani. 2016. Daya Tarik Morotai Sebagai Destinasi Wisata Sejarah dan Bahari. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. 11(1): 25-46.

Encyclopedia Americana (Vol.3, 1967: 394-395)

Harimanto. 2012. Sejarah Indonesia Masa Praaksara. Yogyakarta: Ombak

Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif: aplikasi untuk penelitian Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Manajemen, Sosial, Humaniora, Politik, Agama dan Filsafat. Jakarta: Gaung Persada Press.

Jatmiko. 2019. Nuat Bkau: Gua Hunian Prasejarah di Kupang. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional

Lewis, J. 2003. Design Issues, In Qualitative Research Practice: a Guide for Social Science Student Researcher (eds.) Jane Ritchie and Janes Lewis. London: SAGE Publications

Nyoman Sukma Arida, Made Adikampana. 2016. Pengembangan Potensi Wisata Purbakala (Heritage Tourism) Berbasis Masyarakat di DAS Pakerisan, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Jurnal Analisis Pariwisata. Volume 16. Nomor 1.

Poesponegoro, Marwati Djoened., Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia I: Zaman Prasejarah di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Suarmana, I.W.R.,Ardika, I.W. dan Putra, I.N.D. 2017. Pengembangan Pusat Kota Denpasar Sebagai Heritage Tourism. Jurnal Master Pariwisata. 4(1). 62-77

Publikasi Nusa Tenggara Timur Dalam Angka 2018, BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur,diakses dari bps.go.id, pada hari sabtu 22 Februari 2020, pada pukul 9.21 wita.

Tabel Dinamis website BPS Indonesia, diakses dari bps.go.id, pada hari sabtu 22 februari 2020 pada pukul 9.21 wita

Timor Exspres, Rabu, 7 oktober 2020

Daftar Informan

Iwan S Bkawati, Kepala Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto.

Jakob, Penjaga Situs , Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto.

Jatmiko, Arkeolog, Arkenas

Maman usman husin, Bapelitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sofwan, Arkeolog, Arkenas

Downloads

Published

2021-06-24

Issue

Section

Articles